Posted by wirastanto | File under :
Kenapa Obama pilih Hyundai Sonata Hybrid padahal di negara amerika sudah banyak raksasa otomotif mobil tingkat dunia? Hyundai mobil memang sangat kempetitif untuk bersaing dengan negara manapun. Pemerintah AS lebih banyak menggunakan Hyundai Sonata Hybrid dibanding mobil listrik buatan negara mereka sendiri. Loh, kok bisa?
Obama dan Hyundai Sonata
Di masa kepemimpinannya yang ke-2 sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama memutuskan kebijakan melakukan penyegaran armada kendaraan pemerintahannya. Uniknya mobil - mobil yang dipilih bukanlah dari brand asal Amerika.

Sekitar 54 % kendaraan administratif yang dipilih merupakan kendaraan berbahan bakar alternatif dan ramah lingkungan dari brand Asia, yakni Hyundai, Honda, Toyota dan Mitsubishi. Imlementasi kebijakan ini sendiri sedianya akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sebenarnya kebijakan Obama pada kendaraan alternatif telah dilaksanakan sejak tahun 2009, dengan pembelian hingga ribuan unit. Namun pembelian ini terus menurun setelah itu, dimulai 8.139 unit pada tahun 2009, lalu turun menjadi 6.467 unit tahun 2010, lalu turun lagi menjadi 2.645 unit tahun 2011. Dan pada tahun 2012, pemerintah AS hanya membeli 1.801 unit, naik 3,6 % atau lebih dari 50 ribu unit lebih banyak dibanding kendaraan sejenis yang dibeli oleh pemerintah AS tahun sebelumnya.

Seperti dilansir Situs Gas2.org, upaya pemerintahan AS untuk menggunakan kendaraan hybrid ternyata tidak dijatuhkan pada mobil - mobil buatan Amerika sebagaimana kebijakan sebelum - sebelumnya. Sebagai misal, Hyundai Sonata Hybrid dipilih untuk menggantikan Ford Fusion hybrid sebagai pilihan mobil paling ramah lingkungan dari pemerintah AS.

Melemahnya citra mobil hybrid buatan AS di negaranya sendiri dikarenakan beberapa model unggulannya jarang tersedia di pasar, misalnya Ford Fusion Hybrid dan C-Max Hybrid. Jadi peluang konsumen pindah ke mobil hybrid merek lain, termasuk merek Hyundai otomatis terbuka lebar. Sebagai informasi, Sonata Hybrid hadir dengan mesin 2,0-liter bertransmisi 6 percepatan. Mobil ini memiliki motor elektrik berkekuatan 40 hp dan mesin standar 148 hp. Sementara tingkat pemakaian BBM sangat irit, yakni 21 km/liter. Tunggu apalagi, pesan sekarang juga, hyundai sonata indonesia. terimakasih



Artikel terkait :

0 komentar:

Posting Komentar